Sunday, March 5, 2017

Mengerjakan BOS 2017 dengan Beberapa Aplikasi ini

Setiap lembaga sekolah SD,SMP diIndonesia menerima Bantuan Operasional Sekolah. Untuk pelaporannya BOS tersebut seorang bendahara dituntut untuk melaporkan administrasi mulai dari RKAS hingga BKU untuk peng SPJan dana yang diterima dari pemerintah untuk sekolah. Terkadang bendahara harus memilik aplikasi guna menunjang pekerjaannya agar lebih mudah dan cepat selesai.
APLIKASI PELAPORAN BOS 2017
APLIKASI PELAPORAN BOS 2017
Untuk pelaporan BOS ada aplikasi yang sudah diakui kemudahannya dalam menyusun format pelaopran keuangan dan juga berbasis microsoft excel yang telah dikembangkan dengan bantuan dari USAID PRIORITAS yaitu yang terkenal dengan nama ALPEKA. Anda dapat mengunduhnya secara gratis lewat link dibawah ini

alpeka_BOS_
Alpeka BOS 2017

Bila kesulitan mengerjakannya bisa simak videonya di sini

 Tak terkecuali pada BOS 2017 yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 08 Tahun 2017. Disamping Bendahara BOS harus mengirimkan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota setempat juga harus menginputkan belanja BOS secara online pada website kemdikbud . Bila hal ini tidak dilakukan bisa jadi proses pencairan BOS ke lembaga akan mengalami kemacetan. Selain  data siswa yang diajukan harus sesuai dengan data yang pada aplikasi DAPODIK, jadi mengenai jumlah siswa yang menjadi acuan jumlah nilai uang yang dicairkan tidak akan dapat dimanipulasi lagi.
BOS online
BOS online


Kali ini Admin ingin berbagi beberapa aplikasi yang berkaitan dengan proses pengerjaan aplikasi BOS,  Penggunaan dana BOS oleh sekolah tidak boleh dipergunakan dengan sembarangan namun sudah ada juknisnya sendiri, dalam hal ini penggunaan dana BOS akan dipantau baik secara online maupun dengan supervisi ke lembaga-lembaga terkait.

 
Sebelum Anda mengunduhnya bisa lihat preview dari slah satu aplikasi yang sudah diunggah silakan lihat disini
 Dalam tulisan ini akan Admin bagikan beberapa file mulai dari file RKAS hingga penyusunan BKU, dengan harapan nanti akan memudahkan bagi bendahara sekolah dalam menyelesaikan administrasi keuangan yang tidak sedikit, disamping tugas utama menjadi pendidik di lembaganya. Disela-sela waktu mengajar seorang bendahara menyempatkan untuk mengerjakan berbagai permintaan data dan berkas sehubungan dengan BOS, oleh sebab itu bila dibantu dengan adanya aplikasi tentunya

Semoga Bermanfaat

Alhamdulillan.. sudah mampir dan atas segala kunjungan di blog aplikasi digital ini kami mengucapkan banyak-banya terima kasih. Oh ya Admin menunggu komentar dan kunjungan berikutnya dengan harapan semoga aplikasi di blog ini yang sudah di unduh semuanya dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda semua.


EmoticonEmoticon