Melaksanakan SMK sistem fullday adalah memastikan semua proses yang telah
disepakati dapat berjalan secara konsisten, sistemik dan terus menerus mengalami
perbaikan-perbaikan. Kepala sekolah dan guru sebagai garda terdepan dalam
mengawal terlaksananya SMK sistem fullday menjadi faktor kunci keberhasilan sistem
ini. Dukungan dan bimbingan dari luar sistem sekolah juga tidak bisa diabaikan begitu
saja. Pemerintah sebagai pembina dan penjamin mutu SMK sistem fullday memiliki
peran yang sangat strategis untuk selalu memberi arah dan memberikan penguatan
di setiap lini proses di sekolah.
Panduan praktis yang tersusun ini merupakan panduan global bagi sekolah untuk
mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi SMK sistem fullday. Walaupun tidak
sempurna dan sedetail seperti yang diharapkan, panduan praktis dapat disempurnakan
sesuai dengan kekhususan sekolah masing-masing. Prasyarat dan kondisi dasar yang
dibutuhkan dalam melaksanakannya adalah sangat bergantung dari kesadaran dan
kepedulian semua pelaku, pemerhati, orang tua akan pentingnya menyiapkan masa
depan anak bangsa menjadi manusia yang produktif dan kompetitif. Semoga panduan
ini adalah menjadi bagian kepedulian masa depan bangsa ini, bangsa Indonesia.
Secara de facto banyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
di Indonesia yang sudah menerapkan sistem fullday school. Penerapan sistem
ini didasarkan pada kebutuhan capaian pembelajaran di setiap kompetensi. SMK
sistem fullday dapat dilihat pada hampir semua pembelajaran kejuruan terutama
praktik sudah menggunakan sistem blok atau semi blok. Selain itu pembelajaran
di SMK dilaksanakan di dalam dan atau di luar sekolah dalam hal ini Dunia
Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta pembelajaran dilakukan di dalam jam
formal di luar jam formal.
Bahkan di beberapa sekolah ada yang harus masuk
malam karena menyesuaikan dengan perilaku praktik yang dibutuhkan, misalnya
praktik pemijahan benih ikan harus dilakukan pada malam hari. Ada beberapa
definisi tentang fullday school. Menurut Baharudin (2009:231) fullday school
mempunyai beberapa keunggulan yaitu siswa akan mendapatkan pendidikan
umum dan pendidikan keIslaman serta dapat mengembangkan potensi siswa
melalui kegiatan ekstra kurikuler. Hasan (2006:111) menegaskan fullday school
bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi kepribadian siswa dengan
lebih seimbang.
Berikut ini salah satu preview SMK FULL DAY
Sedangkan menurut Nur Asni Alfiana Alfiah (2014) menjelaskan
sekolah model fullday school dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan
tingkat penyesuaian sosial. Sementara itu Budi Winarni (2015) menengarahi
adanya pengaruh antara penerapan fullday school terhadap kedisiplinan siswa.
Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa fullday school adalah
model sekolah yang menerapkan pendidikan yang dapat mengembangkan
seluruh potensi siswa dan meningkatkan kecerdasan emosional dan tingkat
penyesuaian sosial yang dilakukan sehari penuh.
Alhamdulillan.. sudah mampir dan atas segala kunjungan di blog aplikasi digital ini kami mengucapkan banyak-banya terima kasih. Oh ya Admin menunggu komentar dan kunjungan berikutnya dengan harapan semoga aplikasi di blog ini yang sudah di unduh semuanya dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda semua.
EmoticonEmoticon