Thursday, March 2, 2017

Aplikasi PKG Untuk Guru dan Kepala Sekolah

Penilaian Kinerja Guru atau biasa disebut dengan PKG adalah merupakan penilaian secara formatif serta sumatif yang dilaksanakan dalam satu tahun pelajaran, sedikitnya pelaksanaan penilaian kinerja guru ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu dilakukan pada saat awal tahun ajaran serta pada ahir tahun pelajaran. Jadi pada setiap semester guru akan dinilai kinerjanya.

Fungsi dari PKG diantaranya adalah untuk menilai kemampuan pendidik dalam menerapkan semua kompetensi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, pembimbingan serta pelaksanaan bekerja tugas tambahan yang aat relevan pada fungsi lembaga pendidikan, Selain itu PKG berfungsi sebagai alat untuk menghitung angka kredit guru atas kinerja dalam pembelajaran, pembimbingan dll yang dilaksanakan sesuai fungsinya pada tahun tersebut
APLIKASI PENILAIAN KINERJA GURU PKG
APLIKASI PENILAIAN KINERJA GURU PKG

PKG merupakan penilaian kompetensi guru dalam menerapkan segala kompetesi serta ketrampian dalam waktu perencanaan maupun pelaksanaan proses belajar mengajar, juga dalam proses bimbingan serta dalam penilaian hasil belajar mengajar. Merujuk pada PERMENPAN-RB Nomor 16 Tahun 2009 bahwasanya PKG merupakan sistem penilaian yang memang dirancang guna mengidentifikasi kemampuan pendidik saat melaksanakan tugasnya dengan pengukuran penguasaan kompetensi yang telah ditunjukkan dalam pekerjaanya.

Pada pelaksanaannya PKG dilaksanakan oleh kepala sekolah atau oleh guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah dengan ketentuan memenuhi kriteria pelaksanaan PKG diantaranya sebagai berikut, Guru maupun kepala sekolah harus yang memiliki srtifikat pendidik, mempunyai latar belakang yang teah sesuai serta menguasai tentang bidang kajian sebagai guru serta kepala sekolah yang nantinya akan dinilai, bersikap jujur, adil serta terbuka dan memiliki jiwa integrtas yang tinggi

ini videonya
Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) 2017 yang saya bagikan ini adalah salah satu aplikasi penunjang dalam proses penilaian kinerja guru, sehingga dengan menggunakan aplikasi ini guru maupun kepala sekolah yang akan menilai amat sangat dimudahkan dalam proses penilaiannya. Seperti aplikasi yang lain, guru ataupun kS perlu mengisi biodata yang telah ada pada menu pertama aplikasi dan seanjutnya tinggal memilih kompetensi mana yang akan dinilai. Dalam aplikasi yang merupakan karya atirta ini sudah dilengkapi dengan cover laporan jadi dalam satu aplikasi sudah komplit tersedia ubo rampenya. Untuk mengunduhnya silakan telusuri link berikut.


Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) 2017
semoga bermanfaat

Alhamdulillan.. sudah mampir dan atas segala kunjungan di blog aplikasi digital ini kami mengucapkan banyak-banya terima kasih. Oh ya Admin menunggu komentar dan kunjungan berikutnya dengan harapan semoga aplikasi di blog ini yang sudah di unduh semuanya dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda semua.


EmoticonEmoticon