Thursday, March 23, 2017

3 Aplikasi Penyusunan SILABUS dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP

Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus merupakan sebuah kelengkapan dalam perangkat yang harus dimiliki guru. Sebenarnya dalam perangkat pembelajaran ini banyak unsur penunjang selain Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus misalnya program semester (PROMES), jurnal pembelajaran dll. Setiap guru wajib mengerjakan atau membuat perangkat pembelajaran tersebut yang digunakan sebai acuan dalam menyampaikan materi kepada siswa setiap jam pelajaran di kelas
Aplikasi Penyusunan SILABUS dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP
Aplikasi Penyusunan SILABUS dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP

Aplikasi Penyusunan SILABUS dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP

Apapun kurikulumnya baik itu Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) Tahun 2006 maupun kurikulum 2013, dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) harus mengacu pada silabus maupun promes, Kalau jaman dahulu saat awal-awal mengajar Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)  RPP harus ditulis dengan tangan, bisa dibayangkan bagaimana seorang guru sangat disibukkan dengan kegiatan administrasi pembelajaran yang memang dituntut oleh dinas terkait untuk mengerjakannya. Sebagian guru hanya mengerjakan perangkat ini saat mau naik pangkat saja, tapi masih banyak yang penuh semangat dan telaten membuat perangkat pembelajaran.

Pada jaman sekarang banyak disediakan file perangkat pembelajaran yang bisa dimiliki oleh guru lewat peralatan canggih yaitu internet. Muncul berbagai macam versi perangkat pembelajaran yang ada, pendidik tinggal memilih dan meilah sesuai dengan kebutuhan lembaga. Yang jadi pernyataan apakah antara beberapa komponen misalnya antara  Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan SILABUS ada synkronisasi dan keterkaitan antara keduanya? hal ini yang patut kita pelajarai dan dipikirkan bersama. Jangan sampai perangkat yang telah disusun dan dicetak namun tidak synkron dan tidak sesuai dengan perangkat yang lain, ini kan namanya buang-buuang waktu, pikiran dan dana.


Permasalahan di atas banyak diutarakan oleh guru seantero negeri. Hal ini banyak menggugah hati para insan IT untuk membuat aplikasi perangkat pembelajaran yang bagus dan memudahkan sehingga nanti output cetak yang dikeluarkan tidak bisa diragukan lagi kevalidannya. Admin selaku kolektor aplikasi hehehhehe.. ingin membagikan 3 file aplikasi berkaitan penyusunan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)  dan silabus yang merupakan hasil karya guru-guru se Indonesia.

Berikut ini file aplikasi Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)  dan silabus yang dapat dipelajari dan diambil filenya. Urutan nomor dibawah ini bukan merupakan rangking kualitas aplikasi Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)  dan silabus namun hanya berdasarka waktu saya dalam menelusuri file tersebut. File tautan berada di google drive dan google doc yang saya susun sebagai berikut

1. Aplikasi Penyusunan Silabus dan RPP Otomatis

Link >>> Aplikasi Penyusunan Silabus dan RPP Otomatis berupa file yang berbasi excel sehingga amat sangat memudahkan bagi guru dalam membuatna. Ada beberapa sheet yang ada dalam aplikasi tersebut diantaranya HOME, ISI DATA (untuk mengisi nama guru dan kepala sekolah serta identitas lembaga), INPUT SILABUS INPUT RPP, PETUNJUK APLIKASI

  Aplikasi Penyusunan Silabus dan RPP Otomatis

 
Sebelum Anda mengunduhnya silakan lihat tampilan di bawah ini



2. Aplikasi Penyusunan Silabus dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP

 Link>>> Aplikasi Penyusunan Silabus dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP ini merupakan aplikasi yang juga menggunakan microsoft excel sehingga pengunaannya sangat mudah sekali bagi guru. Dalam pembuatannya Anda tinggal memasukkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Inti atau Kompetensi Dasar. APlikasi ini berlaku untuk dua kurikulum baik itu KTSP maupun Kurikulum 2013. Ada beberapa sheet yang ada di dalmnya diantaranya MASUKAN, SILABUS, RPP dan CARA PAKAI

aplikasi Penyusunan Silabus dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP

 
Sebelum Anda mengunduhnya silakan lihat tampilan di bawah ini


3. Aplikasi Silabus dan RPP 

Link >>> Aplikasi Silabus dan RPP ini juga berbasi excel yang di dalamnya juga terdapat beberapa sheet diantaranya APLIKASI (berisi petunjuk penggunakan), MASUKAN (berisi input biodata), SILABUS dan RPP.

  Aplikasi Silabus dan RPP


Sebelum Anda mengunduhnya silakan lihat tampilan di bawah ini

Itulah beberapa file  3 Aplikasi Penyusunan SILABUS dan RPP Kurikulum 2013 dan KTSP yang dapat saya bagikan dengan harapan dengan adanya file ini Anda semua lebih mudah mengunduhnya dan dapat menerapkannya di lembaganya masing, apalagi bisa menyempurnakan dari apa yang ada guna mempersiapkan materi yang dapat mencerdaskan anak didik dan demi kemajuan mutu pendidikan Indonesia.

Semoga Bermanfaat

Alhamdulillan.. sudah mampir dan atas segala kunjungan di blog aplikasi digital ini kami mengucapkan banyak-banya terima kasih. Oh ya Admin menunggu komentar dan kunjungan berikutnya dengan harapan semoga aplikasi di blog ini yang sudah di unduh semuanya dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda semua.

4 komentar

Pada aplikasi2 disini bisa memasukan karakter subscrip dan supercrip seperti untuk penulisan H2SO4?

Alhamdulillah ada yang dapat dijadikan rujukan untuk membuat atau menyusun perangkat pembelajaran


EmoticonEmoticon