Sunday, August 20, 2017

3 Aplikasi Penyusunan PROTA dan PROMES Gratiss

PROTA dan PROMES disetiap awal semester seorang pendidik diwajibkan membuat atau menyusun format tersebut guna menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Promes maupun prota disusun oleh guru walikelas dengan  memperhatikan alokasi waktu yang pada nantinya akan diperlukan untuk menyampaikan semua kompetensi dasar (KD) yang ada pada kurikulum yang sudah disahkan oleh kepala sekolah yang nanti akan dicapai oleh murid dalam setiap periode.
3 Aplikasi Penyusunan PROTA dan PROMES Gratiss
3 Aplikasi Penyusunan PROTA dan PROMES Gratiss

Aplikasi Penyusunan PROTA dan PROMES

Prota (program tahunan) direncanakan dalam satu tahun berdasarkan penataan Standar kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang disesuaikan dengan kurikulum yang telah disahkan juga disesuaikan dengan jumlah jam kegiatan belajar mengajar dalam kurun waktu 1 tahun. Sedangkan PROMES (Program Semester) berisi dari penjabaran yang ada dalam PROTA dan isinya lebih luas, yaitu mencakup penjadwalan dan penghitungan hari efektif yang pada akhirnya nanti disesuaikan dengan jumlah indikator yang ada. Indikator yang telah ada bisa disampaikan beberapa waktu disesuaikan dengan bobot dan tingkat kesulitan materi. Bila bobot materi dirasa berat maka perlu beberapa penyampaian dan pengulangan materi dengan menentukan banyaknya jam pertemuan.

Berdasarkan pengertian di atas maka perlu sebuah format ataupun file yang sekiranya bisa membantu guru atau kepala sekolah dalam mengerjakan pembuatan prota dan promes ini. Apalagi formatnya yang bisa diedit dengan kebutuhan lembaga sekolah dan yang begitu terbiasa dipakai oleh pendidik maupun kepala sekolah. Untuk ituperlu sebuah aplikasi yang berformat excel, karena promes dan prota membutuhkan banyak kolom untuk menentukan jadwal yang ada pada setiap mata pelajaran.

Dengan demikian menggugad Admin untuk berbagi format aplikasi pembuatan PROTA dan PROMES yang pada nantinya secara otomatis saling terkoneksi dan tersinkronisasi sehingga memudahkan pekerjaan dan bisa terhindar dari banyak kesalahan. Di internet banyak tersebar banyak aplikasi pembuatan PROTA dan PROMES yang bisa diunduh secara gratis, namun terkadang para pendidik mersa kesulitan dalam prose downloada, untuk itu ini kami sajikan beberapa file aplikasi pembuatan PROTA dan PROMES, sehingga bila nantinya ada satu yang sulit diunduh bisa memakai link yang lainnya.

Berikut ini beberapa aplikasi pembuatan PROTA dan PROMES yang bisa Anda telusuri dengan harapan semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua

1.    Aplikasi pembuatan PROTA dan PROMES Guru EXCEL

Di dalam aplikasi banya terdapat banyak sheet yang bisa mempermudah pengerjaan, misalnya sheet PROTA, APS (Analisis Program Semester),PROMES, KKM dan KALDIK(Kalender pendidikan)
link unduhan

Aplikasi pembuatan PROTA dan PROMES Guru Excel

atau lewat

 sini


2.    PROMES dan PROTA VERSI BARU

Di sini format dan sheetnya begitu lengkap mulai jumlah mata pelajaran sudah muncul dlaam setiap SHEET, juga alokasi waktu struktur kurikulum juga jadwal pelajaran, namun masih perlu adanya penyempurnaan, yaitu perlu ditambah sheet TUTORIAL sehingga pengguna pada nantinya bisa tertolong dalam penggunaannya.
Sebelumnya silakan lihat dulu penampakan aplikasi tersebut

link unduhan

PROTA dan PROMES VERSI BARU


3.    Aplikasi PROMES PROTA OTOMATIS

Aplikasi ini juga masih berbasis excel yang juga cukup lengkap mencakup PROTA da PROMES yang terdiri dari beberapa macam sheet dan juga beberapa mata pelajaran . di sini diambil contoh program untuk kelas VI dan nantinya juga bisa digunakan untuk kelas kelas yang lain
Link unduhan

Aplikasi PROMES PROTA Otomatis


demikianlah beberapa aplikasi yang berhubungan dengan penyusuna PROMES dan PROTA semoga menjadikanmedia yang bisa mempermudah Anda dalam mengerjakan administrasi khususnya yang berkaitan dengan administrasi guru dalam pendidikan
Semoga bermanfaat

Alhamdulillan.. sudah mampir dan atas segala kunjungan di blog aplikasi digital ini kami mengucapkan banyak-banya terima kasih. Oh ya Admin menunggu komentar dan kunjungan berikutnya dengan harapan semoga aplikasi di blog ini yang sudah di unduh semuanya dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda semua.

2 komentar

kok tak bisa di download..mohon solusinya

eh ieu mah lain aplikasi otomatis, manual keneh-manual keneh


EmoticonEmoticon