Thursday, March 16, 2017

5 Aplikasi Membuat Soal, Kisi-Kisi, dan Kartu Soal (Excel)

Kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS) , Ulangan Akhir Semester (UAS) maupun Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) akan segera dilaksanakan. Salah satu pendukung keberhasilan kegiatan tersebut di atas adalah pembuatan soal. Dalam pembuatan soal bisa dikatakan mudah akan tetapi juga sulit. Salah satu kesulitan yang dialami oleh tim penyusun soal diantaranya dalam soal pilihan ganda, disamping tim penyusun harus mencari jawaban yang benar juga dituntut untuk mencari jawaban pengecoh bagi jaawban yang benar. Maka untuk itu bisa menggunakan Aplikasi Membuat Soal, Kisi-Kisi, dan Kartu Soal (Excel). Selain itu soal harus disesuaikan dengan kisi-kisi atau indikator serta penyusun soal dituntut untuk membuat indikator soal yang nantinya berkaitan langsung dengan materi soal.
aplikasi membuat soal. kisi-kisi, kartu soal
aplikasi membuat soal. kisi-kisi, kartu soal

Disamping itu tuntutan administrasi penyusunan soal yang begitu banyak mulai dari MASTER SOAL, KISI-KISI SOAL, hingga KARTU SOAL harus lengkap dalam sebuah perangkat penyusunan soal.  Jadi sudah pasti pembuatan soal ujian tidak akan tuntas dalam satu hari bisa selesai. Apalagi nantinya guru arus menyusun beberapa soal untuk beberapa mata pelajaran.

Seperti biasa dalam penentuan urutan ini saya menyusun secara acak berdasarkan penemuan saya dalam pencarian di google silakan pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan saat ini.

Oleh sebab itu penyusun soal harus bisa meluangkan/ membagi waktu tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama menjadi pendidik. Karena banyak rangkaian kegiatan dalam penyusunan soal ini. Ambil contoh penyusunan di daera saya setelah tim penyusun naskah soal se;lesai membuat soal, soal lalu diedit dan direvisi oleh tim editor kemudian dikembalikan lagi pada tim penyusun soal untuk diperbaiki sebelum dikirim ke percetakan.

Aplikasi Membuat Soal, Kisi-Kisi, dan Kartu Soal (Excel)

Untuk itu tidak ada salahnya bila kita menggunakan aplikasi yang membuat pekerjaan kita lebih mudah dan cepat selesai. Banyak aplikasi gratisan tersebar di internet yang merupakan karya anak bangsa yang mungkin akan banyak membantu Anda yang tentunya disesuaikan dengan kondisi lingkungan Saudara.
Admin mencoba merangkum aplikasi penyusunan soal, kisi-kisi dan master soal dari beberapa karya guru-guru seantero negeri mulai dari guru SD, SMP dan SMA yang disebar secara gratis dan dalam pengerjaannyapun muda digunakan.

Berikut ini ada 6  yang saya temukan dan tidak bisa dipungkiri pasti masih banyak aplikasi yang belum bisa saya update di sini. Rangkaian urutan nomor aplikasi di bawah ini tidak menunjukkan rangking aplikasi, namun berdasarkan saya menemukannya silakan pilih yang mana yang sesuai dengan kebutuan Anda.

1. Aplikasi Soal UTS,UAS,UKK
Aplikasi Soal UTS,UAS,UKK
Aplikasi Soal UTS,UAS,UKK
 
Link >>> Aplikasi Soal UTS,UAS,UKK  ini sangat cocok untuk Anda karena dalam satu aplikasi sudah otomatis mencakup beberapa ulangan mulai ulangan harian , UTS, UAS. Sehingga dengan menggunakan satu aplikasi ini Saudara bisa mencicil membuat soal tiap mata pelajaran secara berkala atau pada waktu senggang di sela-sela pekerjaan menjadi guru baik itu guru SD, SMP dan SMA . Aplikasi ini cukup ringkas cuma ada sekitar kurang dari  sheet yang ada. Silakan lihat langsung sebelum saudara mengunduhkan di bawah ini


2. Aplikasi Pilihan Ganda dan Esay
Aplikasi Pilihan Ganda dan Esay
Aplikasi Pilihan Ganda dan Esay

Link >>> Aplikasi Pilihan Ganda dan Esay adalah aplikasi karya guru SMAN Tanete Rilau. Ada 8 point yang ada dalam aplikasi baik input maupun output yang berkaitan dengan MASTER SOAL

3. Aplikasi Kartu Soal dan Kisi-kisi soal dengan Exce
Aplikasi Kartu Soal dan Kisi-kisi soal dengan Excel
Aplikasi Kartu Soal dan Kisi-kisi soal dengan Excel
Link >>> Aplikasi Kartu Soal dan Kisi-kisi soal dengan Excel merupakan karya dari Pak Harry widhiarto. sama dengan aplikasi sebelumnya output yang dihasilkan nanti berupa kisi-kisi soal, master soal dan kartu soal, baik itu ulangan harian maupun ulangan tengah semester. Sbelumnya bisa di lihat di sini


4.Aplikasi Excel Pembuatan Kisi, Kartu Soal dan Analisis Butir Soal (Final)
 
aplikasi membuat soal. kisi-kisi, kartu soal
Aplikasi Excel Pembuatan Kisi, Kartu Soal dan Analisis Butir Soal (Final)

Link >>> Aplikasi Excel Pembuatan Kisi, Kartu Soal dan Analisis Butir Soal (Final) ini merupakan aplikasi karya Bang Fajar yang dapat dignakan untuk membuat soal untuk guru SD,SMP,SMA,SMK.

5. APLIKASI kartu soal, Kisi-Kisi dan Naskah Soal NEW VERSION
APLIKASI kartu soal, Kisi-Kisi dan Naskah Soal NEW VERSION
APLIKASI kartu soal, Kisi-Kisi dan Naskah Soal NEW VERSION
Link >>>  APLIKASI kartu soal, Kisi-Kisi dan Naskah Soal NEW VERSION ini merupakan karya pak Bahrudin. Sama dengan aplikasi sebelumnya. Ada beberapa output dari aplikasi ini, Hal menarik lainnya menu depan yang amat bagus dan simple serta memudahkan penggunanya.

Alhamdulillah itulah 5 Aplikasi Membuat Soal, Kisi-Kisi, dan Kartu Soal yang merupakan hasil penelusran saya, harapan kami semoga bermanfaat bagi Anda semua dan tidak menyulitkan Anda dalam mengundhnya.

Semoga bermanfaat

Alhamdulillan.. sudah mampir dan atas segala kunjungan di blog aplikasi digital ini kami mengucapkan banyak-banya terima kasih. Oh ya Admin menunggu komentar dan kunjungan berikutnya dengan harapan semoga aplikasi di blog ini yang sudah di unduh semuanya dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda semua.

18 komentar

assalamualaikum ini sangat bagus tapi maaf saya belum tahu ...bagaimana cara mendownloadnya ...?

silakan lihat tutorialnya di sini
https://www.youtube.com/watch?v=ZAYMLfJHOA0

Alhamdulillah..terima kasih ilmu nya, pak.
Sangat membantu

coba dibaca semua tulisan di atas.. di situ ada tulisan link, silakan diklik

tERIMA kasih admin blog ini. syukron katsir.. mudah juga cara downloadnya

pasword edit nama sekolahnya apa ya pak admint

untuk jenjang SMP ada nga gan? k13

Terima Kasih pak. Ini sangat bagus dan bermanfaat. semoga selalu berkah

Aplikasi sembunyi di mana ya? Kok yg muncul terlihat dg gamblang hanya Conveter?

sangat bermanfaat untuk pendidik

alhamdulillah tks banyak atas bagi-bagi ilmunya pak, semoga Allah membalas kebaikan anda dengan balasan yang berlipat ganda. amin

Alhamdulillah. Jazaakumullah khayran. Terimakasih banyak Admin.

Izin Copas gan, semoga ini bisa berguna bagi yang memakainya. semoga agan diberi umur panjang dan mudah rezeki. amin


EmoticonEmoticon