Tuesday, March 21, 2017

5 Aplikasi Koreksi Ulangan dan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Koreksi ujian dan menganalisis hasil ujian adalah salah satu kegiatan pendidik yang harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam menjawab soal yang diberikan guru baik itu dalam kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Semester maupun dalam ulangan harian. Kegiatan ini layak dilakukan oleh pendidik karena  nanti akan diketahui materi mana yang memang betul betul belum dimengerti oleh siswa maupun materi soal yang memang sulit dikerjakan,selain itu dengan kegiatan analisa dan koreksi soal ini siswa akan tahu mana siswa yang tuntas maupun tidak tuntas berdasarkan KKM yang telah ditentukan oleh guru.
Aplikasi Koreksi Ulangan dan Lembar Jawaban Komputer (LJK)
Aplikasi Koreksi Ulangan dan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Aplikasi Koreksi Ulangan dan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Jadi bagaimana Bapak/Ibu guru selama ini apakah sudah melakukan kegiatan analisis dan koreksi soal selama ini? Bagi yang sudah menjalankan sepenuhnya sayaucapkan selamat bagi yang belum mari kita perbaiki diri sebagai guru yang profesional. Bila merasa kesulitan dalam mengkoreksi ujian maupun menganalisa Admin mencoba untuk memberi bantuan berupa media aplikasi yang mungkin bisa meringankan beban pekerjaan Anda semua.

Sekali lagi aplikasi ini bukan karya saya, namun merupakan hasil browsing di Mbah GOOGLE yang saya kumpulkan beberapa aplikasi yang menurut saya sangat bagus dan mudah diterapkan bagi guru. Urutan aplikasi di bawah ini sekali lagi bukan hasil rangking namun berdasarkan waktu hasil penemuan saya saat berselancar atau googling.

silakan pilih yang mana menurut Anda paling cocok, diambil semuanya ya tidak apa-apa. Sebagai catatan link yang diberikan saya mencoba untuk dipermudah bagi ANda yan masih banyak yang masih belum mengerti cara mengunduhnya (newbie)

1. Scanner periksa Nilai Ujian

Scanner periksa Nilai Ujian ini merupakan scanner yang berupa aplikasi berbasis microsoft excel. Filenya lumayan cukup besar yaitu sekitar 26 Mb dan berada di google drive. Saya kira Bapak dan Ibu guru sudah terbiasa dalam mengambil file dari situs tersebut  Sebelum mengerjakan alangkah baiknya extrack dulu filenya agar proses penyimpanan nanti berjalan lancar.

2. Analisis Ulangan Harian 2017

Analisis Ulangan Harian 2017 ini lumayan bagus dan banyak fitur fitur yang berkaitan dengan kegiatan koreksi ulangan harian dan analisinya. Kesemuanya lengkap tersaji dalam satu aplikasi. Ada beberapa sheet pendukung mulai dari sheet ANALISIS, DATA, SISWA TUNTAS, SISWA TIDAK TUNTAS, KELOMPOK ATAS, KELOMPOK BAWAH, ABS.


Dengan melihat beberapa sheet yang ada saya anggap aplikasi ini layak untuk digunakan, walaupun demikian ada sedikit kekurangan dalam tampilan yaitu masih belum ada menu sehingga pemakai pertama kali langsung disajikan beberapa data, semoga aja tidak menjadi mumet dan melelahkan mata.
Penasaran??? silakan lihat tampilan berikut.


3. Analisa Butir Soal

Analisa Butir Soal merupakan format aplikasi excel yang terdiri dari banyak sheet diantaranya Pengantar ( berisi ketentuan yang ada dalam file tersebut diantaranya jumlah soal, jumlah peserta dll), Regristrasi (untuk input data ulangan, mata pelajaran, KKM hingga jumlah peserta yang mengikuti ulangan), Input data, Nilai, Rank, Analisis, Pengecoh, Perbaikan, dan Nilai akhir.


Sebelumnya perlu Anda lihat tampilan yang ada di bawah ini

4. Software koreksi LJK

Software koreksi LJK semacam ini banyak tersebar di internet,  namun semuanya berbayar hingga harganya jutaan, disamping itu perlu perangkat keras (hardware) yang juga lumayan mahal. Pernah saya berpikir Adakah software koreksi Lembar Jawaban Komputer (LJK)  yang gratisan ? ternyata ada yang gratisan. Walau gratisan jangan diremehkan karena sekarang banyak sudah aplikasi yang free yang kualitasnya tidak bisa dikalahkan dengan yang berbayar

5. File Administrasi Koreksi Ulangan

File Administrasi Koreksi Ulangan ini merupakan format telaah ulangan baik itu ulangan harian UTS, UAS dan lain sebagainya. Di dalamnya terdapat 5 sheet diantaranya sebagai berikut : COVER, SK KD, RPP, OBSERVASI, LEMBAR TELAAH. Dari sini sudah terlihat betul bahwa soal yang diberikan kepada murid betul betul ditelaah berdasarkan kurikulum yaitu silabus dan RPP. Seperti dalam telaah RPP disitu salah satunya disebutkan bahwa Rumusan kalimat  soal  atau  pertanyaan  menggunakan  kata  tanya atau  perintah  yang  menuntut  jawaban yang  terurai


Demikian beberapa file koreksi Ulangan dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang dapat saya bagikan semoga dapat membantu Anda semua dalam melaksanakan koreksi ulangan siswa sehingga mutu pendidikan dapat ditingkatkan

Semoga bermanfaat


Alhamdulillan.. sudah mampir dan atas segala kunjungan di blog aplikasi digital ini kami mengucapkan banyak-banya terima kasih. Oh ya Admin menunggu komentar dan kunjungan berikutnya dengan harapan semoga aplikasi di blog ini yang sudah di unduh semuanya dapat berguna serta bermanfaat bagi Anda semua.

6 komentar

Mereka yang berbagi semoga Allah menggantinya dengan rezeki dan keberkahan.

Excellent Article! Such a nice information. To get affordable and certified OMR software click here

Setelah review yang gratisan, ribet banget pakainya. Jauh lebih mudah periksa ujian pakai DMR. http://dmr.co.id/


EmoticonEmoticon